PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X (SEPULUH) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 7 PEKANBARU




I.                    PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Mata Pelajaran Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang cenderung ditakuti oleh siswa sekolah menengah atas. Materi Kimia berisi tentang rumus, perhitungan dan hapalan membuat siswa harus sungguh-sungguh memahami pelajaran tersebut. Tidak seperti mata pelajaran yang lain yang hanya terdiri dari hapalan saja, atau perhitungan saja. Banyaknya metoda perhitungan yang dikombinasi dengan hapalan membuat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia menjadi kecil.  Hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang malas-malasan saat diberi materi yang tidak mereka minati.

Ikatan Kimia merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran kimia kelas X (sepuluh). Ikatan Kimia adalah salah satu bagian dari mata pelajaran kimia yang menggunakan metoda perhitungan, rumus dan hapalan. Siswa diminta menghapal letak unsur dalam tabel sistem periodik, memahami rumus yang digunakan untuk menggabungkan dua unsur, kemudian menghitung jumlah unsur yang bisa digabungkan. Banyak siswa yang mengalami penurunan minat belajar pada materi ini. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang sangat rendah. Selaku guru kimia, sangat mudah sekali untuk melakukan hal tersebut karena guru itu sendiri telah paham benar mengenai konsep ikatan kimia itu sendiri. Untuk siswa, agar lebih mahir dalam menguasai materi ikatan kimia, perlu ditanamkan konsep dasar tentang ikatan kimia itu terlebih dahulu, artinya siswa diharapkan memahami konsep materi ikatan kimia terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah menguasai materi ikatan kimia tersebut.

B.      IDENTIFIKASI MASALAH
Media merupakan alat bantu yang digunakan dalam suatu proses tertentu yang diharapkan dapat meningkatkan hasil dari proses tersebut. Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar, media seringkali digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar materi ikatan kimia, guru mencoba menggunakan salah satu media pembelajaran non digital demi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Media non digital yang digunakan adalah KOMIK. Komik dipilih sebagai media pembelajaran berdasarkan pengamatan guru pada siswa yang senang sekali membaca komik. Guru menuangkan konsep dasar dari materi ikatan kimia ke dalam bentuk cerita bergambar. Hal ini didasarkan dari tingginya antusias siswa terhadap cerita bergambar. Dengan Komik, akan lebih  memahami alur cerita yang dimaksud, begitu juga jika pemahaman konsep materi ikatan kimia dibuat dalam bentuk komik.
C.      TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penggunaan media nondigital komik pada materi ikatan kimia di kelas X (sepuluh) SMA Negeri  7 Pekanbaru adalah untuk meningkatakan pemahaman siswa terhadap konsep  materi ikatan kimia sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan.
D.      MANFAAT PENELITIAN
Adapun dua manfaat yang dapat diperoleh melalui penelitian ini, yaitu :
a.   Bagi jajaran Dinas Pendidikan atau lembaga terkait, hasil penelitian dapat dipertimbangkan untuk menentukan kebijakan bidang pendidikan, terutama berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
b.   Bagi Kepala Sekolah dan Pengawas, hasil penelitian dapat membantu meningkatkan pembinaan profesional dan supervisi kepada para guru secara lebih efektif dan efisien.
c.   Bagi para guru, hasil penelitian dapat menjadi tolok ukur dan bahan pertimbangan guna melakukan pembenahan serta koreksi diri bagi pengembangan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas profesinya
d.   Bagi SMA Negeri 7 Pekanbaru, sabagai subjek penelitian, hasil penelitian ini dapat dijadikan alat evaluasi dan koreksi, terutama dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran sehingga tercapai prestasi belajar yang optimal

NOTE: Tugas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP MASA LALU UNTUK MASA DEPAN

MENULIS DALAM SEPIMU

MENJADI KUAT ITU SULIT ...